Pengertian
Kurikulum secara umum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan
kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik.
(BSNP,2006: 1).
Perbedaan antara KBK, KTSP dan kurikulum 2013
KBK 2004:
ü
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
ü
Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi
Lulusan Mata Pelajaran
ü
Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan,
dan pembentuk Pengetahuan
ü
Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran
ü
Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata
pelajaran terpisah
ü
Pengembangan kurikulum sampai pada silabus
ü
Tematik Kelas I dan II (mengacu mapel)
KTSP 2006:
ü
Pada KTSP, sekolah diberikan keleluasaan untuk mendelegasikan
seluruh isi kurikulum melihat karakter, dan potensi lokal, KTSP tetap
menekankan kompetensi akan tetapi lebih dikerucutkan lagi dalam operasional dan
implementasinya di sekolah.
ü
Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari Standar Isi
ü
Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran
ü
Pemisahan antara mata pelajaran pembentuk sikap, pembentuk keterampilan,
dan pembentuk Pengetahuan
ü
Kompetensi diturunkan dari mata pelajaran
ü
Mata pelajaran lepas satu dengan yang lain, seperti sekumpulan mata
pelajaran terpisah
ü Pengembangan kurikulum sampai pada komptensi dasar
ü Tematik Kelas I-III (mengacu mapel)
Kurikulum 2013:
v Standar Kompetensi Lulusan diturunkan dari kebutuhan
masyarakat
v Standar Isi diturunkan dari Standar Kompetensi
Lulusan
v Semua mata pelajaran harus berkontribusi terhadap
pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan
v Mata pelajaran diturunkan dari kompetensi yang ingin
dicapai
v Semua mata pelajaran diikat oleh kompetensi inti
(tiap kelas)
v Pengembangan kurikulum sampai pada buku teks dan
buku pedoman guru
v Tematik integratif Kelas I-VI (mengacu kompetensi)
Tabel : Perbandingan Kurikulum 2004
dan 2006
ASPEK
|
KURIKULUM
2004
|
KURIKULUM
2006
|
1.
Landasan Hukum
|
|
|
2.
Implementasi /
Pelaksanaan
Kurikulum
|
|
|
3.
Ideologi Pendidik-
an yang Dianut
|
|
|
4. Sifat
(1)
|
|
|
5. Sifat
(2)
|
|
|
6.
Pendekatan
|
|
|
7.
Struktur
|
|
|
8. Beban
Belajar
|
|
|
9.
Pengembangan
Kurikulum lebih
Lanjut
|
|
|
10.
Prinsip
Pengembangan
Kurikulum
|
|
|
11. Prinsip
Pelaksanaan
Kurikulum
|
Tidak
terdapat prinsip pelaksanaan kurikulum
|
3. Memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan
perbaik-an, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap
perkembangan, dan kondisinya dengan memperhatikan keterpaduan pengembangan
pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan,
dan moral.
5. Menggunakan pendekatan multistrategi dan
multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan meman-faatkan
lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
6. Mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya
serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh
bahan kajian secara optimal.
7. Diselenggarakan dalam kese-imbangan, keterkaitan,
dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang
pendidikan.
|
12.
Pedoman
Pelaksanaan
Kurikulum
|
|
Tidak
terdapat pedoman pelaksanaan kurikulum seperti pada Kurikulum 2
|
terimaksih informasinya tapi kurikulum 2013 nya dimana
BalasHapus